Pengantar Agroforestri

Pada mata kuliah ini, kajian agroforestri yang akan dibahas  bukan Agroforestri sebagai praktik atau sebagai system pola tanam yang telah dilakukan petani, akan tetapi  Agroforestri sebagai system baik di tingkat lahan, bentang lahan maupun global.  Pada berbagai bentang lahan, selain sebagai sumber komoditas utama yang dapat diperdagangkan, pohon berkontribusi banyak terhadap tercapainya pertanian berlanjut dan sehat. Pada mata kuliah ini akan dipelajari sejarah perkembangan dan macam-macam serta klasifikasi agroforestri dengan contoh sederhana dari berbagai zona ekologi di Indonesia. Secara umum agroforestri berfungsi protektif (manfaat biofisik) dan produktif (manfaat ekonomi).  Pada skala global agroforestri berfungsi dalam konservasi tanah dan air, mempertahankan cadangan karbon (C stock) daratan dan keanekaragaman hayati.  Untuk skala plot, bahasan lebih difokuskan pada peran pohon dalam mempertahankan kesuburan tanah, walaupun tidak semua pohon dapat memberikan dampak yang menguntungkan. Untuk itu diperlukan pemahaman yang dalam akan adanya interaksi antara pohon-tanah dan tanaman semusim. Agroforestri juga sebagai sistem produksi, sehingga ketrampilan dalam analisis  ekonomi dan finansial sangat dibutuhkan.  Pemahaman akan pengetahuan ekologi lokal, sangat penting untuk keberhasilan pengembangan sistem Agroforestri.  Selanjutnya bahasan akan ditutup dengan penjelasan ke arah kelembagaan dan kebijakan sebagai landasan pengembangan agroforestri yang berkelanjutan.

 

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuliti kuliah Agroforestri mahasiswa diharapkan mampu menganalisis kapan dan dimana sistem agroforestri dapat digunakan sebagai salah satu alternatif untuk memecahkan permasalahan pertanian,  terkait dengan adanya “trade off” antara aspek produksi dan lingkungan dalam sistem pertanian pada umumnya.

 

Deskripsi Mata Kuliah

Matakuliah Agroforestri merupakan matakuliah yang bersifat terapan dari berbagai matakuliah dasar yang diberikan sebelumnya antara lain ekologi Pertanian dan managemen agroekosistem. Tim Pengajar Agroforestri Fakultas Pertanian Universitas Barawijaya bekerja sama dengan Lembaga Lain baik Nasional maupun International (The World Agroforestry Centre, ICRAF),  Perguruan Tinggi Lain, serta Lembaga Penelitian Kehutanan) telah mengembangkan Bahan Ajar (Lecture Note) untuk kebutuhan pengajaran Agroforestri di Indonesia (Lihat Bahan Bacaan). Kuliah Agroforestri menggunakan bahan ajar tersebut dan dilengkapi dengan bahan lain sesuai dengan perkembangannya. Untuk lebih memperdalam pemahaman dan kemampuan analisis mahasiswa, maka kuliah ini akan dilengkapi dengan kunjungan lapangan dan melakukan pengukuran di daerah-daerah sentra agroforestri.

 

Nama Dosen :

Jurusan Tanah

1.       Dr. Ir. Didik Suprayogo

2.       Ir. Widianto, MSc

3.       Prof.Dr.Ir. Kurniatun Hairiah

Jurusan Agronomi

1.       Dr. Ir. Mudji Santoso, MS

2.       Dr.Ir. Setyono Yudo Tyasmoro, MS

3.       Ir. Sunaryo, MS

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>